Kepiting © kuliner.nicolbrandybuck.org

Balikpapan merupakan pintu gerbang propinsi Kalimantan Timur. Pertama kali Anda ke Pulau Kalimantan, Anda biasanya akan singgah dahulu ke kota ini. Jika Anda bingung mencari oleh-oleh selain batu permata, lampit, atau mandau khas Dayak, maka post di bawah ini akan membantu Anda.

Bagi Anda yang masih belum tahu oleh-oleh khas Kota Minyak, berikut ini 5 makanan khas Balikpapan yang dapat Anda beli seperti dilansir kompasiana.

  1. Olahan Kepiting

kepiting-saus-tiram www.arenakoki.comTahukah Anda bahwa Kota Balikpapan merupakan salah satu daerah penghasil kepiting bakau (Scylla serrata) terbaik di Indonesia? Beberapa olahan kepiting dapat anda nikmati di restoran-restoran di kota.

kepiting lada hitam, kepiting saos special, kepiting saus tiram, kepiting tauco, hingga kepiting goreng mentega adalah banyak pilihan olahan kepiting yang dapat Anda pilih

2. Bingka

bingka-bpp judithamadyasasi.wordpress.comMakanan ini berbahan dasar kentang. Meskipun daya tahannya tidak cukup lama, namun bisa dijadikan oleh-oleh yang mengesankan.

3. Amplang

Amplang © richanworld.blogspot.com
Amplang © richanworld.blogspot.com

Bentuk amplang seperti kerupuk. Ikan pipih adalah bahan utama pembuatan amplang. Ikan pipih sendiri merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang dulu banyak terdapat diperairan Kalimantan. Bentuknya bermacam-macam, ada yang bulat memanjang seperti jari, ada juga yang menyerupai kuku macan.

4. Bakpia

bakpia-bpp cumibunting.comSelain Jogja, Balikpapan juga punya bakpia. Berbeda dengan bakpia pathuk yang kecil-kecil, bakpia Balikpapan memiliki ukuran yang lebih besar. Bakpia Balikpapan memiliki tekstur yang renyah bak biskuit.

5. Mantau

mantau ariefandriann.blogspot.comAdanya akulturasi budaya tiongkok dengan Balikpapan, Mantau atau roti span menjadi kuliner khas Balikpapan. Roti kukus sebesar kepalan tangan yang biasanya disajikan setelah digoreng ini, di Balikpapan disajikan bersama daging rusa yang diolah dengan bumbu lada hitam. Namun rusa adalah hewan yang dilindungi pemerintah. Sehingga dagingnya banyak digantikan dengan daging sapi atau ayam. (kom/nei)

LEAVE A REPLY