tugu australia © ratihkusumawanti.blogspot.com

Kota balikpapan adalah sebuah kota yang letak di sebelah tenggara provinsi kalimantan timur. Sejarah kota balikpapan sendiri terbentuk dari zaman kolonial belanda yang pada saat itu adalah Dutch East Indie atau yang lebih populer dikenal sebagai Hindia Selatan. Kota Balikpapan memiliki banyak tempat wisata dan juga sejarah serta mitos yang mengikutinya. Salah satunya adalah Tugu Australia.

Tugu kusam dengan lukisan pedang hitam di puncaknya ini memiliki cat putih di sekujur dindingnya dan telah mengelupas sempurna. Meskipun tugu kusam itu terpancang membelah jalanan, tampaknya sedikit warga yang menaruh kepedulian. Sosoknya benar-benar ibarat wajah renta yang memelas di keramaian Kota Balikpapan yang panas.

Lukisan pedang bercat hitam itu mengingatkan sebagian orang pada Monumen Salib Pengorbanan di permakaman serdadu persemakmuran Inggris korban Perang Dunia. Dan, tugu tersebut didirikan bertujuan untuk mengenang serdadu Australia (persemakmuran Inggris) yang tewas dalam Pertempuran Balikpapan Juli 1945. Warga menjulukinya dengan ‘Tugu Australia’.

Pada awalnya, yang tertera bukanlah lukisan, melainkan pedang logam. Entah sejak kapan pedang tersebut raib dan diganti dengan sekedar lukisan pedang. Balikpapan yang dikuasai Jepang sejak awal 1942, merupakan kota yang strategis lantaran menjadi pelabuhan minyak utama di Asia Timur. Selama Mei hingga Agustus 1945 pasukan Australia bertempur untuk membebaskan Pulau Borneo dari pendudukan Jepang yang telah berlangsung selama lebih dari tiga tahun. (arm)

LEAVE A REPLY