pelabuhan penajam sebelum roboh © commons.wikimedia.org

Pelabuhan Penajam Paser menghebohkan warga Balikpapan. Pasalnya pelabuhan speedboat di Penajam, Penajam Paser Utara (PPU),roboh padaKamis (28/1) pada pukul 11.30 Wita. Robohnya pelabuhan speedboat tersebut akibat ulah KMP Kineret.

Awal mula kejadian robohnya pelabuhan Penajam Paser ini dikarenakan bagian kanan kapal feri yang menyenggol pelabuhan. Salah satu mesin kapal tidak berfungsi. KMP Kineret kehilangan kendali,kemudian dihantam ombak hingga bergerak mengarah ke Pelabuhan Speedboat Penajam. Tiba-tiba, atap dari pelabuhan yang berkonstruksi kayu itu roboh dalam hitungan detik akibat tertimpa badan kapal.

Kepala Dinas Perhubungan, Kebudayaan, dan Pariwisata (Dishubbudpar) PPU, Ady Irawan saat meninjau lokasi kejadian menyatakan bahwa hanya atap depan pelabuhan yang rusak, sedangkan untuk tiang pelabuhan masih berdiri kukuh. Untungnya dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun speedboat milik warga yang tertabrak kapal tersebut. “Tidak ada korban jiwa, karena petugas kami di pelabuhan ini cepat menginformasikan kepada calon penumpang maupun pemilik speedboat untuk menghindar secepatnya,” ujarnya seperti Balikpapan Pos.

Mengenai kerusakan tersebut, Ady Irawan mengaku akan berkoordinasi dengan pihak ASDP untuk mengungkap penyebab kapal feri bisa mengalami kecelakaan. Untuk kerugian yang dialami atas kerusakan tersebut ditaksir mencapai Rp300 juta. Meskipun tidak mengganggu aktivitas di sekitar pealbuhan, hingga saat ini pihaknya masih akan berkoordinasi dengan pihak ASDP untuk mengungkap penyebab kapal feri bisa mengalami kecelakaan. (bap/arm)

LEAVE A REPLY