Kilang Pertamina © www.dunia-energi.com

Pembangunan produksi kilang Pertamina Unit Pengolahan (UP) V di Balikpapan disambut antusias oleh Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Balikpapan. Pasalnya, penambahan kapasitas produksi minyak ini akan menyerap tenaga kerja hingga 25.000 orang.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan Dian Hapsari menyatakan kapasitas produksi kilang minyak Pertamina akan dinaikkan dari 260 ribu barel per hari menjadi 360 ribu barel per hari pada 2019 mendatang.

Proyek strategis nasional berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional tersebut akan dibangun di atas atas lahan seluas 60-80 hektare.

Dengan potensi penyerapan tenaga kerja hingga 25.000 orang, ini akan menutup angka pengangguran di Kota Minyak yang hingga Desember 2015 tercatat sebanyak 6.638 orang. Dengan perincian, laki-laki sebanyak 3.745 orang dan perempuan 2.893 orang.

Melansir dari Kaltim Post, sebagian besar jumlah pengangguran didominasi oleh lulusan S-1 sebesar 2.015 orang dan lulusan SLTA sebanyak 2.967 orang.

Kepala Bidang Pengembangan Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakersos Balikpapan, Bambang Supriyanto meneragkan pihaknya akan mengambil kesempatan ini untuk melakukan pengembangan skill.

“Kami akan koordinasi dengan Pertamina, kompetensi apa saja yang dibutuhkan. Perlunya apa? Nanti kami siapkan skill-nya,” uajrnya.

(kal/nei)

LEAVE A REPLY