ilustrasi pameran UKM © prasetya.ub.ac.id

Sambut pameran Internasional, Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) fasilitasi ratusan UKM agar dapat tergabung dalam pameran tersebut. Pameran Internasional yang akan diadakan tahun ini, rencananya akan dilakukan di Hongkong.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta, di Kementerian Koperasi dan UKM mengatakan bahwa kurang lebih seratus lima puluh UKM akan dipersiapkan untuk mengikutinya. Tujuan dari hal tersebut agar UKM dalam negeri ini bisa bersaing di pasar global.

Selain itu menurut Wayan, pihaknya juga akan mempersapkan kurang lebih delapan ratus tiga puluh UKM yang mengikuti pameran didalam negeri. Seperti yang dilansir Balikpapan Pos, Wayan berkata, “Jangan sampai kami ajak ke (pameran di) Hong Kong, tetapi tidak sanggup (menerima pesanan).”

Dibantu dengan kementrian terkait hal tersebut, kementrian ini akan melakukan mengidentifikasi pasar-pasar yang akan mendistribusikan produk UKM. Misalnya, furnitur untuk Dubai, di Malaysia untuk produk makanan halal, pakaian pantai untuk Amerika Serikat dan kopi untuk Korea dan Jepang. Agar pangsa pasar UKM baik dari dalam maupun luar negeri dapat terealisasi dengan baik.

Kementerian Koperasi dan UKM akan memfasilitasi produksi UKM, lewat pasar murah di samping pameran dalam negeri. Mulai dari promosi dengan cara pemberian sembako kepada rakyat yang kurang sejahtera dan di dalam (sembakonya) ada produk usaha mikro. (bap/arm)

LEAVE A REPLY